Register | Lost your password?
Info-vivalog
Inilah Pemenang Lomba Blog "Keindahan Kepulauan Seribu"
Lomba ini diikuti hampir 300 Blogger.
  • Lomba blog Enjoy Jakarta
  • Finalis Lomba Blog Kepulauan Seribu Diving di Pulau Kotok
 

VIVAlog - Keindahan ini tak begitu jauh dari Jakarta. Cuma 90 menit melaju dengan kapal motor. Kotok, begitu nama Pulau itu, adalah ramuan yang diperlukan demi meredakan kepenatan: pasir putih berkilau, air laut nan bening, keindahan bawah laut dan kesunyian di tengah hamparan laut maha luas. 

Dan di situ bukan hanya Kotok. Begitu banyak pulau, yang juga menawarkan keindahan yang hampir sama, bahkan mungkin lebih. Sayangnya tak begitu banyak dikenal warga Jakarta, kota yang hampir saban akhir pekan mengirim begitu banyak pelancong ke berbagai wilayah dan juga manca negara. 

Demi memperkenalkan keindahan di utara Jakarta ini, yang sohor dengan sebutan Kepulauan Seribu itu, VIVA.co.id  bekerjasama dengan Dinas Parawisata DKI Jakarta menggelar Lomba Penulisan untuk para Blogger. Temanya: Keindahan Kepulauan Seribu. Dihelat semenjak 21 Juni 2013 dan berakhir 3 Agustus 2013. 

Kami tentu saja senang, sebab lomba ini disambut gembira para Blogger. Jumlah artikel yang masuk hampir 300. Semua artikel itu, kami tampilkan dalam VIVAlog, kanal yang memang kami ciptakan demi mengakomodasi rekan-rekan bloger dari seluruh Indonesia dan sejumlah negara.

Tentu saja tidak gampang memilih finalis dari begitu banyak Blogger, apalagi banyak yang tulisannya bagus-bagus. Setelah membawa semua tulisan yang masuk dengan seksama, kami akhirnya memilih 10 Blogger terbaik yang menjadi finalis lomba ini, bisa dilihat disini. Sepuluh finalis itulah yang kami undang untuk masuk ke babak kedua perlombaan ini. 

Mereka diajak menyelam di Pulau Kotok. Tidak mudah dan tentu saja beresiko. Itu sebabnya kami mengundang sejumlah mitra yang profesional dalam urusan penyelaman pada tahap ini. Global Dive yang menjadi instuktur penyelam dan DIVEMAG yang didirikan Riyanni Djangkaru, mantan pembawa acara Jejak Petualang yang punya pengalaman berlimpah tentang dunia yang indah.

Sebelum berangkat ke Pulau Kotok, para peserta di beri pelatihan dasar soal penyelaman. Bersama Global Dive, pelatihan itu digelar di Gedung Stadion Renang, Gelora Bung Karno. Lima hari. Digelar pada tanggal 14, 19 dan 22 Agustus 2013.

Selama pelatihan, peserta dibekali materi tentang pengetahuan dasar scuba diving. Mulai dari peralatan scuba (scuba gear) yang dibutuhkan dan cara penggunaannya, prosedur penyelaman yang aman hingga risiko yang bisa terjadi. Lihat disini.

Sesudah sesi latihan itu beres, para peserta berangkat ke Pulau Kotok, pagi 23 Agustus 2013. Dua hari di sana. Berbekal pelatihan yang sudah diberikan, para finalis bersama Riyanni Djangkaru diajak menyelam melihat keindahan alam bawah laut. Well, tentu saja banyak peserta yang berdegub jantungnya, ragu-ragu dan bahkan gemetar membenamkan diri ke dalam laut. Berbagai kisah soal penyelaman ini bisa dibaca pada blog mereka.  

Selain menyelam, para finalis juga harus melewati ujian tertulis yang diberikan oleh instruktur selam yang dikoordinatori oleh John E. Sidjabat dari Global Dive. Para bloger ini bangga dan begitu berterima kasih kepada para instuktur  dari Global Dive dan Riyani Djangkaru, sebab merekalah yang memompa keberanian terjun ke laut. 

Setelah sesi penyelaman itu selesai, perlombaan ini memasuki tahap ketiga. Para finalis harus menulis tentang Pulau Kotok, segenap keindahannya dan juga tentang pengalaman seputar menyelam itu. Peserta diberi waktu selama 2 hari untuk penulisan dan submit di VIVAlog. Dari total 10 finalis, 2 finalis di diskualifikasi karena tidak mengikuti sesi pelatihan dan penyelaman di Pulau Kotok. 

Tidak mudah memang memilih 3 pemenang dari 8 peserta yang ikut. Hampir semuanya menulis dengan reportase yang "basah", rinci dan bertabur informasi yang diperlukan para pembaca. Setelah melewati proses penilaian yang ketat, para juri akhirnya memutukan  

Juara pertama:

simplyindonesia.wp dengan judul blog "Pengalaman Menyelam di Pulau Kotok" berhak atas hadiah uang tunai Rp10 juta. 

Juara Kedua

Adhimagnifico dengan judul blog "Catatan Seorang Penyelam Pemula" berhak atas hadiah uang tunai Rp5 juta.

Juara Ketiga

Dzulfikar dengan judul blog "Menikmati Pesona Mutiara Bawah Laut Pariwisata Kepulauan Seribu" berhak atas uang tunai Rp3 juta.

Dan lima finalis lain adalah


Pygmalionland dengan judul blog "Menikmati Wisata Bawah Laut Pulau Kotok"

Defi Laila Fazr dengan judul blog "Pulau Kotok dan Pengalaman Pertama Menyelam"

Agus Hong dengan judul blog "Melihat Keindahan Alam Bawah Laut Pulau Kotok"

Harris Maulana dengan judul blog "Serunya Menyelam di Pulau Kotok, Kepulauan Seribu"

Agungrajagukguk dengan judul blog "Ditelan Keindahan Pulau Kotok"

Seluruh finalis mendapatkan souvenir berupa snorkeling gear pada saat penutupan acara menyelam di Pulau Kotok.

Selamat kepada para pemenang. Untuk selanjutnya Admin VIVAlog akan menghubungi para pemenang. Untuk para finalis dan Vlogger yang belum beruntung, tunggu kami di lomba-lomba berikutnya.



• Share :  
Rating
Komentar

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
Untuk menampilkan i-Frame Vlog di Blog anda silahkan copy script ini:
<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0; min-height: 225px;" src="http://log.viva.co.id/iframe" scrolling="no"></iframe>
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com