TUTUP
TUTUP
VLOG

Cara Agar Data Smartphone yang Telah Dijual Tetap Aman

Jangan sampai data pribadi kita jatuh ke tangan orang lain.
Cara Agar Data Smartphone yang Telah Dijual Tetap Aman
Ilustrasi smartphone. (U-Report)

VIVA.co.id – Membeli smartphone yang baru memang menjadi rutinitas sebagian orang. Entah tergiur dengan produk baru, smartphone yang lama sudah tidak mendukung pekerjaan, ataupun mendapat hadiah, memang menjadi alasan bagi beberapa orang untuk mengganti smartphone-nya. Lantas, apa yang terjadi dengan smartphone yang lama?

Banyak orang mungkin lebih memilih untuk menjualnya kembali. Meski harga yang ditawarkan sudah pasti jatuh, namun mendapatkan uang tunai jelas lebih menguntungkan daripada menyimpannya di lemari. Namun alih-alih mendapatkan keuntungan, bisa jadi memberikan smartphone bekas kepada orang lain justru menimbulkan masalah yang baru.

Ya, bukankah ketika data-data pribadi kita jatuh ke tangan orang lain merupakan masalah? Tapi, apakah data yang sudah kita hapus bisa dimunculkan lagi?

Dalam dunia komputer, kita mengenal istilah data recovery. Software-nya pun melimpah ruah di internet. Saya biasa pakai Recuva untuk mengembalikan data-data yang sudah terhapus secara permanen. Dan jika berbicara penyimpanan data di sistem Android, maka jawaban untuk soal mengembalikan data tersebut tentu saja, bisa banget.

 

Baca Selengkapnya...

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP