TUTUP
TUTUP
VLOG

4 Penyebab Timbulnya Sifat Munafik pada Seseorang

Pengakuannya dari satu orang berbeda-beda dengan yang lainnya.
4 Penyebab Timbulnya Sifat Munafik pada Seseorang
Ilustrasi sifat munafik. (U-Report)

VIVA.co.id – Pengertian munafik secara bahasa berasal dari kata nafaqa, yang mengandung arti mengadakan, mengambil bagian dalam, membicarakan sesuatu yang dalam pandangan keagamaan. Pengakuannya dari satu orang berbeda-beda dengan yang lainnya.

Adapun dalam pengertian syara, munafik adalah orang yang lahirnya beriman padahal hatinya kufur. Ada dua jenis, yakni nifaq akbar (kemunafikan besar) dan nifaq asghar (kemunafikan kecil). Kemunafikan akbar yang disebut juga kemunafikan itiqadi (keyakinan) adalah menyembunyikan kekufuran dan menampakkan keislaman.

Kemunafikan ini mengeluarkan pelakunya dari Islam. Kemunafikan asghar yang disebut pula kemunafikan amali (amalan) adalah menampakkan lahiriah yang baik dan menyembunyikan kebalikannya. Pokok kemunafikan asghar kembali kepada lima perkara: Sering berdusta ketika berbicara, sering tidak menepati janji, jika berselisih melampaui batas, jika melakukan perjanjian melanggarnya, dan sering khianat jika diberi amanah. Adapun yang menyebabkan timbulnya sifat munafik itu pada seseorang sebagai berikut.

Baca selengkapnya...

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP